|

Sejarah Tentang WiFi


Makin banyak ponsel beredar saat ini yang memiliki fitur WiFi.
Ketika dulu, fitur ini hanya didominasi ponsel berkategori mahal, kini ponsel ponsel berharga murah sudah melengkapi diri dengan fitur ini.
Gampangnya sih, melalui WiFi pengguna dapat melakukan akses internet dengan gratis tanpa dikenakan biaya.
Tapi sebenarnya apa dan bagaimana teknologi ini bekerja.




WiFi merupakan singkatan dari wireless Fidelity.
Pengertianya yaitu sekumpulan setandar yang digunakan untuk jaringan lokal nirkabel (Wireless Local Area Network - WLAN) yang didasarkan pada spesifikasi IEEE 802.11.
Awalnya WiFi ditunjukan dalam penggunaan perangkat nirkabel dan jaringan area lokal (LAN) namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet.
Dengan WLAN memungkinkan seseorang dengan kartu nirkabel (Wireless Card) atau PDA untuk terhubung ke internet dengan menggunakan titik akses (HotSpot) terdekat.

Aecara teknis operasional, WiFi merupakan salah satu varian teknologi komunikasi dan informasi yang bekerja komunikasi pada jaringan dan perangkat WLAN (Wireles Local Area Network)

Dengan kata lain, WiFi adalah sertifikasi merek dagang yang diberikan pabrikan kepada perangkat telekomunikasi (Internet) yang bekerja di jaringan WLAN dan sudah memenuhi kualitas kapasitas yang dipersaratkan.

WiFi Dirancang berdasarkan spesifikasi IEEE 802.11 yang saat ini memiliki 4 varian, Yaitu... 802.11a, 802.11b, 802.11g Dan 802.11n.



Paling tidakkemudahan akses adalah satu faktor yang membuat tingginya minat masarakat dalam menggunakan teknologi WiFi.
Disini pengguna dalam satu area dapat mengakses internet secara bersamaan tanpa perlu repotkan dengan kabel.
Secara sederhana, pengguna yang ingin melakukan surfing web atau browsing berita dan informasi diinternet cukup membawa PDA (Pocket digital assistant) atau laptop berkemampuan WiFi ketempat dimana terdapat access point atau HotSpot.

Selain di ponsel, Saat ini terdapat beberapa perangkat WiFi berbentuk perangkat PCI caed, USB, PCMCIA atau Compact Flash.
Peningkatan kualitas pengguna internet berbasis teknologi WiFI yang semakin menggenjala diberbagai belahan dunia, Telah mendorong internet service providers (ISP) membangun hotspot disebagian besar wilayah baik dikota besar maupun kecil


Ditulis Oleh Aries Alvano Va Pada Jam 4:17:00 AM. Kategori , . Anda dapat mengikuti respon untuk entri ini melalui RSS 2.0. Silahkan beri tanggapan untuk artikel diatas pada kolom yang telah kami sediakan
Kirim Komentar Anda:
Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Informasi yang disajikan didalam blog ini seluruhnya bukan tanggung jawab admin. Sebagian ada yang berasal dari pihak ketiga alias Copy Paste. Maksud dan tujuan saya posting kembali di blog ini adalah, Hanya sekedar ingin berbagi informasi.

1 comments for "Sejarah Tentang WiFi"

  1. kita juga punya nih jurnal mengenai WIFI silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/3197/1/Kommit2004_elektronika_komputer_012.pdf

Leave a reply

See More: .Teknologi-News-Kesehatan-Otomotif-Kuliner-Tutorial Blog-Bola-Grafis-Edukasi-Motifasi-Entertainment-Vemale
DISKAINET: Gadget-Games-Motifasi-Kata Bijak-Gombal-Puisi Cinta-Gokil