|

Arti Passing Dalam Sepakbola Beserta Jenisnya

Arti Passing dalam sepakbola adalah mengoper.

Sepakbola memang tidak hanya mengenal menyerang, bertahan dan mencetak gol. Ada beberapa istilah-istilah yang terdapat dalam sepakbola yang cukup penting bagi para pesepakbola profesional dan para penikmatnya. Salah satunya adalah istilah Passing dalam sepakbola.


Passing sendiri merupakan tekhnik dasar dalam sepakbola yang sangat penting. Bisa dikatakan jika seseorang tidak bisa melakukan Passing, maka orang tersebut tidak akan bisa bermain sebagai pesepakbola profesional. Terlebih lagi jika orang tersebut tidak memiliki skill individu yang bagus.

Passing sendiri dapat membantu seseorang yang tidak mempunyai skill individual yang baik. Dan tekhnik passing dapat berguna untuk meningkatkan kerja sama tim karena tekhnik ini memang memerlukan kerja sama antar pemain.

Passing sendiri mempunyai berbagai jenis tekhnik.

Berikut adalah beberapa jenis passing dalam sepakbola:

1. Umpan 1-2 (Wall Pass)



Wall Pass

Passing jenis ini biasa disebut One-Two yaitu kerjasama antar dua pemain yang saling mengoper. seperti pada gambar diatas. Pemain A mengoper bola  ke pemain B agar pemain A bisa bergerak ke posisi C dan jika sudah berada di posisi C, maka pemain B langsung mengoper bola kembali kepada pemain tersebut guna mengecoh lawan.

2. Umpan Terobosan (Through Pass)



Arti Through Pass adalah umpan terobosan. Through pass sendiri mempunyai dua jenis tekhnik yaitu umpan terobosan mendatar dan umpan terobosan melambung.

Umpan jenis ini sangat ampuh digunakan untuk menerobos pertahanan lawan. Biasanya pengguna tekhnik ini adalah para pesepakbola yang mempunyai skill passing yang baik sebagai pengoper dan skill mempunyai lari yang cukup cepat sebagai penerima umpan.

Seperti gambar diatas, Pemain A mengoper bola ke jantung pertahanan lawan guna melewati hadangan para defender lawan agar bola dapat dikejar oleh Pemain B.

Tekhnik ini beresiko gagal yang cukup tinggi jika tim lawan menerapkan strategi Offside Trap yang baik.

3. Crossing



Artu Crossing dalam sepakbola adalah umpan silang. Seperti gambar diatas, Pemain A adalah penguasa bola yang memberi umpan tinggi kepada Pemain B yang sudah ada di area kotak penalti lawan dan sudah siap untuk menyundul bola.

4. Back Pass (Mengoper Balik)

Tekhnik ini adalah tekhnik mengoper bola kepada teman yang ada dibelakan kita. Caranya bisa dengan memutar seluruh badan kebelakang lalu mengopernya atau juga bisa dengan cara yang biasa digunakan para pesepakbola profesional yaitu dengan menggunakan tumit tanpa harus memutar seluruh badan terlebih dahulu.

5. Gaya Kalajengking

Ini adalah jenis passing yang membutuhkan tekhnik tinggi dan sangat jarang ada orang yang menggunakannya. Tekhnik ini bisa digunakan dengan cara sambil menjatuhkan badan atau pun bisa juga dengan keadaan tetap berdiri tegak.

Seperti pada gambar disamping, gaya kalajengking ini juga digunakan sebagai tekhnik tendangan.


Akan tetapi, tekhnik ini hanya bisa dilakukan jika kita menerima bola-bola yang mempunyai ketinggian tertentu saja.


Sumber:  http://benjcordero.blogspot.com/2013/02/arti-passing-dalam-sepakbola-beserta.html


Ditulis Oleh DI SKAINET Pada Jam 2:24:00 PM. Kategori . Anda dapat mengikuti respon untuk entri ini melalui RSS 2.0. Silahkan beri tanggapan untuk artikel diatas pada kolom yang telah kami sediakan
Kirim Komentar Anda:
Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Informasi yang disajikan didalam blog ini seluruhnya bukan tanggung jawab admin. Sebagian ada yang berasal dari pihak ketiga alias Copy Paste. Maksud dan tujuan saya posting kembali di blog ini adalah, Hanya sekedar ingin berbagi informasi.

0 comments for "Arti Passing Dalam Sepakbola Beserta Jenisnya "

Leave a reply

See More: .Teknologi-News-Kesehatan-Otomotif-Kuliner-Tutorial Blog-Bola-Grafis-Edukasi-Motifasi-Entertainment-Vemale
DISKAINET: Gadget-Games-Motifasi-Kata Bijak-Gombal-Puisi Cinta-Gokil